Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Instalasi PHP di IIS server dengan OS Windows 7

Pada IIS server secara default tidak dapat menangani request file php, karena itu agar IIS server mampu menangani request php script harus ditambahkan sendiri secara manual.
  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu download php terlebih dahulu(unduh non-thread-safe ZIP archive for Windows). Versi PHP yang digunakan penulis yaitu versi 5.3.6.Ekstrak file yang telah didownload tadi kedalam hardisk (misal ekstrak di C:\php5) kemudian salin berkas php.ini-recommended menjadi php.ini. Setelah itu tambahkan konfigurasi berikut:
    cgi.force_redirect = 0
    cgi.fix_pathinfo = 1
    fastcgi.impersonate = 1
  2. Setelah konfigurasi php selesai, Selanjutnya yaitu install IIS server, caranya dengan pilih START –> Control Panel –> Programs –> Turn Windows Features on or off. Kemudian Aktifkan World Wide Web Service/Application Development Features/CGI dan juga aktifkan Web Management Tools/IIS Management Console. Untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini.
    w7php1
  3. Sekarang jalankan IIS Management Console dengan cara buka start menu dan ketikkan inetmgr dan tekan enter. Setelah itu arahkan ke node Sites/Default Web Site/Handler Mappings node dan double-click pada “Handler Mappings”.
    w7php2
    w7php3
  4. Klik  Add Module Mapping(tampilan ditunjukkan pada gambar dibawah ini). Untuk path php-cgi.exe disesuaikan dengan letak folder php pada langkah pertama tutorial ini.
    w7php3
  5. Setelah Form Add Module seperti gambar diatas sudah diisi, kemudian klik ok. Maka akan muncul peringatan seperti gambar dibawah ini.
    w7php4
  6. Dan langkah terakhir adalah dengan membuat php script kemudian letakkan di root folder IIS(secara default terletak di C:\Inetpub\wwwroot; Contoh yg paling mudah yaitu dengan membuat phpinfo.php dengan perintah sederhana phpinfo(). Panggil script tersebut mengunakan http://localhost/test.php, dan selesai sudah(tampilan http://localhost/test.php ditunjukkan gambar dibawah ini ) :).
    w7php5

Post a Comment

1 Comments